- Role
Playing
·
Siswa mendengarkan
rekaman wawancara yang diputarkan oleh guru.
·
Siswa membentuk menjadi
berpasang-pasang.
·
Siswa membayangkan salah
satu tokoh idolannya.
·
Setiap pasangan mendiskusikan
wawancara yang telah diputarkan dengan style
seperti tokoh yang diidolakan tanpa mengurangi informasi yang terkandung pada
rekaman yang telah diputarkan.
·
Siswa menjawab
pertanyaan yang telah dipersiapkan oleh guru.
- Cooperative
Script
·
Siswa mendengarkan
rekaman wawancara yang diputarkan oleh guru.
·
Siswa membentuk menjadi
berpasang-pasang.
·
Setiap pasangan menulis
draf wawancara tanpa mengurangi
informasi yang terkandung pada rekaman yang telah diputarkan.
·
Setiap pasangan
melakukan wawancara seperti stylenya
masing-masing sesuai draf wawancara
yang telah dibuat.
·
Siswa menjawab
pertanyaan yang telah dipersiapkan oleh guru.
- Problem
Solving
·
Siswa mendengarkan
rekaman wawancara yang diputarkan oleh guru.
·
Siswa membentuk menjadi
6 kelompok.
·
Setiap kelompok mendiskusikan
wawancara yang telah diputarkan.
·
Setiap kelompok menulis
selengkap mungkin informasi yang terdapat pada rekaman wawancara.
·
Siswa menjawab
pertanyaan yang telah dipersiapkan oleh guru.
- Picture
and Picture
·
Siswa mendengarkan
rekaman wawancara yang diputarkan oleh guru.
·
Siswa membentuk menjadi
enam kelompok.
·
Setiap kelompok
mendapatkan serangkaian gambar yang sesuai ilustrasi wawancara yang telah
diputarkan.
·
Setiap kelompok menganalisis
gambar sesuai wawancara yang telah didengarkan.
·
Siswa menjawab
pertanyaan yang telah dipersiapkan oleh guru.
- Jigsaw
·
Siswa mendengarkan
rekaman wawancara yang diputarkan oleh guru.
·
Siswa membentuk menjadi
dua kelompok.
·
Setiap kelompok
mendiskusikan wawancara yang telah diputarkan. Kelompok satu mendiskusikan si
pewawancara dan kelompok dua mendiskusikan si narasumber.
·
Siswa membentuk menjadi
berpasang-pasangan yang terdiri dari kelompok satu dan dua.
·
Setiap pasangan
memberitahukan hasil diskusinya ketika menjadi tim ahli.
·
Siswa menjawab
pertanyaan yang telah dipersiapkan oleh guru.
- Artikulasi
·
Siswa membentuk menjadi
berpasang-pasang.
·
Seorang dari pasangan
mendengarkan rekaman wawancara yang diputarkan oleh guru, kemudian diceritakan
kepada pasangannya.
·
Siswa melakukan
wawancara tanpa mengurangi informasi yang terkandung dalam wawancara yang telah
diputarkan guru sebelumnya.
·
Siswa menjawab
pertanyaan yang telah dipersiapkan oleh guru.
- Examples
Non Examples
·
Siswa mendapatkan
rangkaian gambar dari guru.
·
Siswa mendapat
kesempatan untuk menganalisis gambar.
· Siswa membentuk
kelompok yang terdiri dari empat orang untuk mendiskusikan analisa gambar.
·
Siswa mendengarkan
rekaman wawancara yang diputarkan guru.
·
Siswa mencocokkan
analisanya sesuai wawancara yang telah diputarkan.
·
Siswa menjawab
pertanyaan yang telah dipersiapkan oleh guru.
- Student
Teams-Achievement Divisions (STAD)
·
Siswa membentuk menjadi
kelompok yang terdiri dari empat orang.
·
Siswa mendengarkan
rekaman wawancara yang diputarkan oleh guru.
·
Setiap kelompok
mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Anggota yang tahu menjelaskan pada
anggota lainnya sampai semua anggota kelompok itu mengerti.
·
Siswa menjawab
pertanyaan yang telah dipersiapkan oleh guru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar