Selasa, 01 Juli 2014

8 Model Pembelajaran

  1. Role Playing
·           Siswa mendengarkan rekaman wawancara yang diputarkan oleh guru.
·           Siswa membentuk menjadi berpasang-pasang.
·           Siswa membayangkan salah satu tokoh idolannya.
·           Setiap pasangan mendiskusikan wawancara yang telah diputarkan dengan style seperti tokoh yang diidolakan tanpa mengurangi informasi yang terkandung pada rekaman yang telah diputarkan.
·           Siswa menjawab pertanyaan yang telah dipersiapkan oleh guru.
  1. Cooperative Script
·           Siswa mendengarkan rekaman wawancara yang diputarkan oleh guru.
·           Siswa membentuk menjadi berpasang-pasang.
·           Setiap pasangan menulis draf wawancara tanpa mengurangi informasi yang terkandung pada rekaman yang telah diputarkan.
·           Setiap pasangan melakukan wawancara seperti stylenya masing-masing sesuai draf wawancara yang telah dibuat.
·           Siswa menjawab pertanyaan yang telah dipersiapkan oleh guru.
  1. Problem Solving
·           Siswa mendengarkan rekaman wawancara yang diputarkan oleh guru.
·           Siswa membentuk menjadi 6 kelompok.
·           Setiap kelompok mendiskusikan wawancara yang telah diputarkan.
·           Setiap kelompok menulis selengkap mungkin informasi yang terdapat pada rekaman wawancara.
·           Siswa menjawab pertanyaan yang telah dipersiapkan oleh guru.
  1. Picture and Picture
·           Siswa mendengarkan rekaman wawancara yang diputarkan oleh guru.
·           Siswa membentuk menjadi enam kelompok.
·           Setiap kelompok mendapatkan serangkaian gambar yang sesuai ilustrasi wawancara yang telah diputarkan.
·           Setiap kelompok menganalisis gambar sesuai wawancara yang telah didengarkan.
·           Siswa menjawab pertanyaan yang telah dipersiapkan oleh guru.
  1. Jigsaw
·           Siswa mendengarkan rekaman wawancara yang diputarkan oleh guru.
·           Siswa membentuk menjadi dua kelompok.
·           Setiap kelompok mendiskusikan wawancara yang telah diputarkan. Kelompok satu mendiskusikan si pewawancara dan kelompok dua mendiskusikan si narasumber.
·           Siswa membentuk menjadi berpasang-pasangan yang terdiri dari kelompok satu dan dua.
·           Setiap pasangan memberitahukan hasil diskusinya ketika menjadi tim ahli.
·           Siswa menjawab pertanyaan yang telah dipersiapkan oleh guru.
  1. Artikulasi
·           Siswa membentuk menjadi berpasang-pasang.
·           Seorang dari pasangan mendengarkan rekaman wawancara yang diputarkan oleh guru, kemudian diceritakan kepada pasangannya.
·           Siswa melakukan wawancara tanpa mengurangi informasi yang terkandung dalam wawancara yang telah diputarkan guru sebelumnya.
·           Siswa menjawab pertanyaan yang telah dipersiapkan oleh guru.
  1. Examples Non Examples
·           Siswa mendapatkan rangkaian gambar dari guru.
·           Siswa mendapat kesempatan untuk menganalisis gambar.
·         Siswa membentuk kelompok yang terdiri dari empat orang untuk mendiskusikan analisa gambar.
·           Siswa mendengarkan rekaman wawancara yang diputarkan guru.
·           Siswa mencocokkan analisanya sesuai wawancara yang telah diputarkan.
·           Siswa menjawab pertanyaan yang telah dipersiapkan oleh guru.
  1. Student Teams-Achievement Divisions (STAD)
·           Siswa membentuk menjadi kelompok yang terdiri dari empat orang.
·           Siswa mendengarkan rekaman wawancara yang diputarkan oleh guru.
·           Setiap kelompok mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Anggota yang tahu menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota kelompok itu mengerti.

·           Siswa menjawab pertanyaan yang telah dipersiapkan oleh guru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar