RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah :
SMA
Mata
Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas/Semester : X/1
Alokasi
Waktu :
4 x 45 menit
Standar Kompetensi : MEMBACA: Mampu membaca dan
memahami bacaan sastra maupun nonsastra dengan berbagai ketrampilan dan teknik
membaca.
Kompetensi Dasar :
Membaca indah geguritan.
Indikator :
1. Mampu
memahami geguritan.
2. Mampu
mengidentifikasi kata-kata khusus dalam geguritan.
3. Mampu
membaca indah geguritan dengan
memperhatikan segala aspeknya.
4. Mampu
menanggapi geguritan.
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat
memahami pengertian dan fungsi geguritan.
2. Siswa dapat
mengidentifikasi kata-kata khusus dalam geguritan.
3.Siswa mampu
membaca indah geguritan dengan
memperhatikan segala aspeknya.
4. Siswa mampu
menanggapi geguritan.
B.
Materi Pokok
Naskah geguritan dengan berbagai tema.
C.
Uraian Materi
1. Pengertian geguritan
2. Fungsi geguritan
3. Teknik membaca
indah geguritan
4. Menanggapi geguritan
D.
Metode Pembelajaran
1. Inkuiri
2. Tanya Jawab
3. Penugasan
4. Lingkungan
sekitar kelas
E.
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-1
Langkah
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
Kegiatan Awal
|
· Guru mengkondisikan
siswa agar siap mengikuti pembelajaran dan melakukan presensi.
· Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu membaca indah geguritan.
· Guru
melakukan apresiasi mengenai pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan
bertanya kepada siswa tentang geguritan.
|
10
menit
|
2.
Kegiatan Inti
|
· Guru
menjelaskan pengertian geguritan.
· Guru
menjelaskan fungsi geguritan
· Guru
menjelaskan aspek-aspek geguritan,
seperti tema, amanat, pemadatan bahasa, pemilihan kata khas, kata konkret,
pengimajian, irama, dan tata wajah.
· Guru
menjelaskan teknik membaca indah geguritan dengan satu contoh geguritan.
· Guru
bersama siswa mendiskusikan contoh geguritan
tersebut.
|
25
menit
|
|
· Siswa
dibagi dalam kelompok, dalam satu kelas empat kelompok.
· Guru
membagikan naskah geguritan pada
masing-masing anak yang terdiri empat judul.
· Siswa
berlatih membaca geguritan dengan
metode yang telah diajarkan oleh guru berdasarkan geguritan yang dipilih.
· Setiap
kelompok mengidentifikasi kata-kata khusus dalam geguritan.
· Setiap
kelompok mendiskusikan geguritan
untuk dikaji aspek-aspeknya.
· Setiap
kelompok mendiskusikan salah satu siswa yang paling bagus dan yang paling
kurang indah membaca geguritan untuk
mendemonstrasikan di depan kelas dan siswa yang lain memperhatikan
· Tanggapan
dari teman yang lain, kemudian perwakilan kelompok lain.
· Guru
memberikan penguatan terhadap hasil siwa.
· Guru
selalu membimbing dan mengamati siswa.
|
45
menit
|
3.
Kegiatan Akhir
|
· Guru
bersama siswa membuat simpulan dan merefleksi pembelajaran untuk penegasan
tentang materi tersebut.
· Guru
mengadakan evaluasi dengan pertanyaan singkat.
· Guru
memberikan naskah geguritan tiga judul dan setiap siswa memilih
kemudian dibacakan pada pertemuan selanjutnya serta siswa diberikan kebebasan
mengapresiasi geguritan dengan
musikalisasi.
|
10
menit
|
Pertemuan ke-2
Langkah
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
Kegiatan Awal
|
· Guru
melakukan pengkondisian dan presensi.
· Guru
bersama siswa membahas tugas yang telah diberikan.
· Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
· Guru
mengajak siswa keluar kelas.
|
15
menit
|
2.
Kegiatan Inti
|
· Setiap
siswa membaca geguritan yang telah
dipilih.
· Siswa diberikan
kebebasan bermusikalisasi dalam membaca indah geguritan.
· Guru
bertanya tentang kata-kata khusus
dalam geguritan kepada siswa.
· Guru
mengapresiasikan kemampuan siswa dalam membaca geguritan
|
65
menit
|
3.
Kegiatan Akhir
|
· Guru mengajukan
pertanyaan mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membaca indah geguritan.
· Guru bersama
siswa mengadakan refleksi terhadap proses belajar yang telah dilakukan.
|
10
menit
|
F.
Penilaian
1. Hasil kerja
kelompok dan individu (kognitif)
Lembar
pengamatan (afektif)
2. Lembar pengamatan
(psikomotorik)
Teknik penilaian : Tugas kelompok dan individu
- Penilaian
Tes Membaca Geguritan Kelompok
No.
|
Aspek
Penilaian
|
Skor
Maksimal
|
1.
|
Intonasi
|
20
|
2.
|
Ekspresi
|
20
|
3.
|
Kejelasan
Ucapan
|
20
|
4.
|
Kekompakan
Kelompok
|
40
|
|
Jumlah
|
100
|
- Penilaian
Tes Membaca Geguritan Individu
No.
|
Aspek
Penilaian
|
Skor
Maksimal
|
1.
|
Intonasi
|
20
|
2.
|
Ekspresi
|
20
|
3.
|
Kejelasan
Ucapan
|
30
|
4.
|
Musikalisasi
|
30
|
|
Jumlah
|
100
|
- Pedoman
Penilaian
No.
|
Rentang
Skor
|
Kategori
|
1.
|
85-100
|
Sangat
baik
|
2.
|
70-84
|
Baik
|
3.
|
55-69
|
Cukup
|
4.
|
0-54
|
Kurang
|
- Nilai
Akhir
Nilai = (Total Skor : 2)
- Presentase
kemampuan siswa dalam membaca indah geguritan
%
Keterangan :
Keterangan :
%
= Nilai siswa dalam persen
n =
Nilai komulatif
N = Jumlah siswa
G.
Sumber dan Alat
1. 1. Teks
bacaan geguritan.
- Purwati,
Siti. 2012. Panjebar Semangat.
Surabaya: PT Percetakan Panjebar Semangat (Hal. 40)
- Puspohardini,
Rini Tri. 2011. Kidung saka
Bandungan. Yogyakarta: Elmater Publishing (Hal. 47)
- Kardono.
1997. Jaya Baya Edisi 27.
- Mandiri,
Ade Rizkia. 2012. Blakasuta.
Semarang: Lembaga Pelatihan dan Pengembangan Bakat (Hal. 16)
- Widad,
Harya. 2007. Taman Gurit. Depok:
warih Jatirahayu (Hal. 31)
- Yatmana,
Sudi. 2007. Gurit-Guritane.
Semarang: CV Aneka Ilmu (Hal. 192-193)
- Ragilputra,
Turiyo. 2007. Bledheg Segara Kidul.
Yogyakarta: Gema Grafika (Hal. 96-97)
1.
2. Buku penunjang lain mengenai geguritan.
2. Alat
·
Laptop
·
Speaker
·
LCD
·
Whiteboard
·
Spidol
·
Gitar
Mengetahui Karanganyar,
26 Mei 2014
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Drs. Sunarto, M.Pd. Sri Rahayu, S.Pd
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar